Selasa, 05 Juni 2012

Apakah daun yang tidak berwarna hijau dapat berfotosintesis (mempunyai zat hijau daun) ??

      Apakah daun yang tidak berwarna hijau dapat berfotosintesis (mempunyai zat hijau daun) ??

      Untuk sekedar penetahuan,,,, apakah anda tau Daun Ungu (Graptophylum pictum) ?
kenapa warna daunnya ungu ? Apakah dalam daunya terdapat Zat Hijau Daun ?



        Untuk itu saya akan menjelaskan bagaimana cara hidup tanaman Daun Ungu. 

      Graptophylum pictum atau yang di sebut juga Daun Ungu adalah sebuah tanaman yang termasuk dalam golongan Plantae (berarti mempunyai klorofil) yang mempunyai ciri sebagai berikut:
Tumbuhan perdu, berumur menahun (perenial), tinggi +/- 2 m. Akar tunggang. Batang aerial, berkayu, silindris, tegak, warna ungu kehijauan, bagian dalam solid, permukaan licin, percabangan simpodial (batang utama tidak tampak jelas), arah cabang miring ke atas.. Daun tunggal, tersusun berhadapan (folia oposita), warna ungu tua, panjang 15 - 25 cm, lebar 5 - 11 cm, helaian daun tipis tegar, bentuk bulat telur, ujung runcing, pangkal meruncing (acuminatus), tepi rata, pertulangan menyirip (pinnate), permukaan mengkilat (nitidus). Bunga majemuk, muncul dari ujung batang (terminalis). Buah kotak sejati (capsula), lonjong, warna ungu kecoklatan, bentuk biji bulat - berwarna putih.



      Kenapa warna daunnya ungu? untuk pertanyaan ini memang akan susah di jawab apabila tanpa ada penelitian lebih lanjut, tapi saya pernah mendengar dan pernah meneliti bahwa tanaman ini mempunyai zat hijau daun tetapi zat ini di tutupi oleh pigmen yang menutupi semua permukaan daun pada tumbuhan tersebut. yang mana pigmen di tumbuhan Daun Ungu  ini berpigmen Ungu, yang berfungsi untuk menghindari pemakan tumbuhan dengan cara menipunya dengan warna daun yang tidak biasanya.

   Jadi, Kesimpulannya daun yang berwarna ungu itu, mempunyai zat hijau daun, tetapi zat ini ditutupi oleh pigmen yang menutupi semua permukaan daun pada tumbuhan, yang berfungsi untuk menghindari pemakan tumbuhan dengan cara menipunya dengan warna daun yang tidak biasanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar