Senin, 04 Juni 2012

Profil Timnas Inggris




Profil Inggris




      Awal perjalanan panjang
 inggris menuju Piala Eropa 2012 ditandai dengan gebrakan luar biasa di partai perdana kualifikasi: Inggris menggebuk Bulgaria 4-0, dengan Jermain Defoe tampil sebagai pahlawan berkat hat-trick-nya. Dua pertandingan berlalu, Inggris merajai Grup G. Akan tetapi harapan Inggris untuk segera memastikan satu tiket ke putaran final menemui jalan terjal setelah menghadapi dua hasil mengecewakan saat ditahan imbang di kandang Montenegro dan Swiss.




      Kendati demikian, pasukan Fabio Capello perlahan bangkit dengan kembali menghajar Bulgaria dan menang tipis atas Wales. Dua hasil positif itu praktis sudah cukup mengantar the Three Lions mengunci satu tempat di Polandia-Ukraina. Namun di laga pamungkas kontra Montenegro terjadi insiden yang amat sangat merugikan Inggris, yakni kartu merah Wayne Rooney. Pada laga itu, Inggris sudah sempat memimpin dua gol sebelum dikejar oleh Montenegro untuk memaksakan hasil seri 2-2. Akibat kartu merah itu, Rooney terpaksa harus absen di tiga laga penyisihan grup Piala Eropa. 

      Berikut adalah sejarah perjalanan Inggris di Piala Eropa:
1960  Tidak mengikuti
1964   Tidak lolos

1968   Peringkat ketiga
1972   Tidak lolos
1976    Tidak lolos
1980   Babak grup
1984   Tidak lolos
1988  Babak grup
1992   Babak grup
1996   Semi-final
2000    Babak grup
2004    Perempat-final
2008    Tidak lolos
2012   Lolos sebagai juara grup

       Kiprah Inggris di kejuaraan terbaik Benua Biru ini yang paling fenomenal dalam beberapa dekade ke belakang terjadi di tahun 1996, saat itu mereka mencapai babak semi-final. Namun apa lacur, kegagalan Gareth Southgate mengonversi tendangan penalti memaksa skuad asuhan Inggris era Terry Venable harus puas mengelus dada melihat Jerman melaju ke final berkat kemenangan dalam drama adu tos-tosan.

      Lebih ironis lagi di edisi 2000, Inggris disingkirkan Rumania di gim final grup lewat sebuah eksekusi penalti di menit-menit terakhir pertandingan. Empat tahun berselang, kembali tendangan 12 pas menjadi sebuah cerita pahit tersendiri bagi Inggris. Bertemu Portugal di perempat-final, tim sepakbola negeri Ratu Elisabeth mesti berbesar hati bertekuk lutut di tangan Portugal yang memenangkan adu penalti. 

      Dan di tahun 2008 diwarnai dengan pemecatan manajer Steve McClaren atas ketidakberhasilannya membawa Inggris mengamankan tiket ke putaran final Euro 2008.



Pemain Bintang,,,,

Wayne Rooney menjadi bagian tak terpisahkan atas lolosnya Inggris ke putaran final Euro 2012. Striker Manchester United itu telah bangkit dari penampilan buruknya di Piala Dunia 2010 lalu untuk menjadi salah satu pemain paling kontributif selama kualifikasi Euro 2012. Rooney, yang sudah tak lagi mencetak gol di turnamen besar sejak kali terakhir mencetak gol di Euro 2004, di tahap kualifikasi berhasil melesakkan tiga gol dari tujuh laga yang dilakoninya.

Namun Rooney tetaplah Rooney. Tak bisa kontrol emosi saat menghadapi Montenegro di laga pamungkas kualifikasi, ia pun diganjar kartu merah setelah menekel dari belakang Miodrag Dzudovic. Imbas dari kartu merah amat merugikan lantaran Inggris harus kehilangan jasa Rooney selama tiga pertandingan fase grup di Polandia-Ukraina. Meski begitu, Capello diyakini tetap akan menjadikan Rooney sebagai bagian dari skuad Inggris di kompetisi termasyur Eropa tersebut. 



Biodata Lengkap Wayne Rooney - Pemain Sepak Bola Asal Inggris

Nama Lengkap : Wayne Mark Rooney
Tempat Lahir : Croxteth, Liverpool, Inggris
Tanggal Lahir : 24-10-1985
Kebangsaan : Inggris
Posisi : Penyerang
Bermain di Klub : Manchester United 

Profil dan Perjalanan Karir

        Rooney memulai karirnya bersama klub Everton, bergabung dengan tim muda mereka pada usia sepuluh tahun dan kemudian terus naik pangkat setelah itu.Dia membuat debut profesional pada tahun 2002 dan gol pertamanya membuatnya menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Liga Premier pada saat itu.Dia bisa dengan cepat menjadi bagian dari tim utama Everton, menghabiskan dua musim di klub Merseyside.Sebelum awal Musim 2004-05 ia pindah ke Manchester United seharga £ 25.6 juta dan menjadi pemain kunci tim utama mereka.Sejak itu, ia telah memenangkan Liga Premier sebanyak tiga kali, Liga Champions musim 2007-08 dan juga Piala Liga.Rooney membuat debut tim nasional Inggris pada tahun 2003 dan di Euro 2004 dia menjadi pencetak gol termuda di kompetisi tersebut.Dia sering dipilih untuk masuk timnas Inggris dan juga tampil di Piala Dunia 2006. 
.................................................................................................................................................................



Berita

Alex Oxlade-Chamberlain Optimis Bersama Timnas Inggris

TRIBUNNEWS.COM, LONDON - Alex Oxlade-Chamberlain menyatakan ingin membuktikan diri bersama timnas Inggris pada ajang Euro 2012 ini. Ia pun berjanji untuk membuat kontribusi yang berarti bagi skuad asuhan Roy Hodgson tersebut.
Pemain usia 18 tahun itu direkrut Arsenal pada Agustus 2011 lalu. Ia cukup kesulitan mendapat kesempatan untuk tampil dalam skuad Arsene Wenger. Namun, meski hanya tampil 16 kali musim ini, Oxlade-Chamberlain kini berpeluang untuk bermain dalam ajang terbesar Eropa bersama The Three Lions.
"Aku ingin berusaha dan membuktikan sesuatu. Masih banyak lagi yang bisa datang dari diriku. Aku jelas merasa bisa membuat pengaruh dalam Euro ini," ucapnya kepada Mirror .
"Kamu harus yakin kepada dirimu. Jika tidak, siapa lagi yang akan yakin? Untuk mendapat panggilan, untuk masuk ke dalam skuad Inggris, kamu harus yakin kalau manajer percaya akan kemampuanmu dan yakin pada diri sendiri," lanjutnya.
"Satu langkah dalam satu waktu. Aku terus belajar setiap hari saat latihan bersama pemain-pemain hebat. Jika mendapat kesempatan, aku akan melakukan segalanya untuk memberi kesan," janji Chamberlain.
*di kutip dari www.anzaa.info,/www.tribunnews.com, /gudangbiodata.blogspot.com
             


Tidak ada komentar:

Posting Komentar